Wednesday, 16 December 2020

Soal Dan Pembahasan Seleksi PPPK Guru IPA SMP

Contoh Soal Latihan Seleksi Guru PPPK Mapel IPA SMP - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Agama akan berencana mengadakan rekrutmen guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Tahun 2021 nanti
Seleksi PPPK Guru IPA SMP

Untuk itu agi rekan-rekan guru honorer dan guru yang sudah lulus dalam program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan belum juga mengajar di sekolah, pada Tahun 2021 nanti pemerintah akan membuka dan akan mengadakan uji seleksi penerimaan Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk di tempatkan di sekolah-sekolah 

Penerimaan Guru P3K di Tahun 2021 akan berbeda dengan penerimaan Guru PPPK pada tahun-tahun sebelumnya  hal ini sesuai dengan Pengumuman Penerimaan PPPK Tahun 2021 yang telah resmi di umumkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Nadiem Anwar Makarim

Oleh karena itu bagi rekan-rekan Guru Honorer yang pada saat ini menunggu dan berkeinginan untuk mengikuti seleksi Guru PPPK di Tahun 2021 silahkan anda persiapkan lebih dini persiapan yang akan di ujikan nanti

Salah satu persiapkan yang harus di siapkan lebih dini adalah mempelajari dan memahami Kisi-kisi Soal PPPK Tahun 2021 dan melatih soal-soal yang berhubungan dengan Kisi-kisi PPPK Tahun 2021

Soal PPPK Guru IPA SMP

Seperti yang mimin sebutkan diatas bahwa untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi uji seleksi PPPK nanti silahkan anda pelajari soal-soal yang berhubungan dengan Kisi-kisi Soal PPPK Tahun 2021 

1. Pak Amir sedang merancang pembelajaran pada KD. Menyelidiki pengaruh gaya terhadap gerak benda. Kegiatan pembelajaran direncanakan menggunakan pendekatan saintifik dan metode eksperimen, berikut ini yang paling tepat sebagai apersepsi adalah ...
  • Siswa diminta untuk membaca bahan ajar materi tentang pengaruh gaya terhadap gerak benda pada berbagai literatur.
  • Menjelaskan pengaruh gaya terhadap gerak benda di depan kelas termasuk materi pembelajaran agar siswa menjadi tahu materi sebelum melakukan kegiatan eksperimen
  • mengorientasikan siswa tentang gaya dalam kehidupan sehari-hari, kemudian melakukan tanya jawab atau curah pendapat tentang pengalaman siswa dalam kehidupan sehari-hari yang relevan
  • Menjelaskan prosedur eksperimen untuk menyelidiki pengaruh gaya terhadap gerak benda di sekitar.
  • Mendemonstrasikan hasil-hasil kerja gaya terhadap gerak benda di depan kelas, kemudian mencontohkan cara melakukan penyelidikan.
2. Bu Hany melakukan pembelajaran materi IPA dengan KD: menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran dengan menggunakan satuan standar, yang melibatkan pengukuran massa benda dengan menggunakan neraca OHAUS 310. Model pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran langsung (direct instruction) yang melatih siswa mengukur massa tahap demi tahap. Pada tahap pertama, Bu Hany mengklarifi kasi tujuan dan memotivasi siswa serta menjelaskan kegiatan belajar siswa. Bu Hany juga menjelaskan pengetahuan deklaratif tentang komponen-komponen neraca dan fungsinya masing-masing termasuk bagaimana menggunakannya. Diantara kegiatan berikut yang merupakan tahap 2 yang seharusnya dilakukan oleh Bu Hany adalah ...
  • Menjelaskan materi pengukuran termasuk di dalamnya pengukuran besaran pokok massa dengan neraca OHAUS 310.
  • Mendemonstrasikan tahap-tahap pengukuran massa dengan menggunakan neraca OHAUS 310 tahap demi tahap.
  • Memberikan latihan soal terkait pengukuran massa dengan neraca OHAUS 310 kepada siswa untuk dikerjakan secara berkelompok
  • Meminta siswa berdiskusi tentang pengukuran pengukuran massa dengan neraca OHAUS 310, kemudian siswa diminta merumuskan langkah penggunaannya, dan mempraktikannya
  • Melakukan kegiatan pengukuran massa dengan menggunakan neraca OHAUS 310
Pembahasan Soal No 1 

Untuk mengorientasikan siswa dalam kegiatan penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda, siswa diharapkan sudah terlebih dahulu mengetahui konsep gaya dan konsep gerak. Konsep gaya tersebut mungkin dapat dibaca siswa dalam bahan bacaan atau buku siswa tetapi akan lebih konteks dan bermakna jika siswa mengetahui konsep gaya dan gerak benda melalui fenomena kehidupan sehari-hari atau pengalaman siswa sendiri, kemudian melakukan tanya jawab untuk menggiring siswa ke dalam fokus pembelajaran. Curah pendapat akan sangat membantu guru mencermaƟ pengalaman-pengalaman siswa dalam materi tersebut.

Pembahasan Soal No 2

Model pembelajaran langsung terdiri dari 5 tahap, yaitu: 1) menyampaiakan tujuan dan mempersiapkan
siswa, 2) mendemokan pengetahuan atau keterampilan, 3) membimbing pelatihan, 4) mengecek pemahaman dan memberi umpan balik, dan 5) memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan.

Unduh Soal PPPK Guru IPA SMP


Untuk mempersiapkan dalam pelaksanaan seleksi PPPK di Tahun 2021 nanti silahkan anda pelajari beberapa contoh soal PPKn Guru SD berikut ini
Demikian yang dapat mimin sampaikan, semoga dengan adanya contoh soal-soal seleksi PPPK ini dapat memberikan kemudahan dan menambah wawasan dan pengetahun yang akan memberikan kemudahan dalam mengerjakan soal-soal seleksi PPPK di Tahun 2021 nanti

Blog ini adalah tempat untuk berbagi media pembelajaran, info pendidikan, tutorial Pendidikan, tutorial blogger, tutorial medsos, google, dan berbagai macam tutorial lainnya