Alur Tujuan Pembelajaran PAI Dan BP Fase C Kurikulum Merdeka - Tahun Ajaran Baru 2022/2023 sudah kembali aktif dan berjalan sesuai Kalender Pendidikan Tahun 2022/2023, pada tahun ini dunia Pendidikan kembali akan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Kurikulum Baru yakni Kurikulum Merdeka Belajar
Untuk itu pada kesempatan ini mimin ingin berbagi administrasi terkait Kurikulum Merdeka yang tentu saja rekan-rekan guru masih banyak yang awam dan banyak yang belum mengetahui apa saja yang harus di susun, berikut ini sedikit informasi yang berhasil mimin dapat terkait istilah-istilah baru yang di gunakan dalam implementasi Kurikulum Merdeka diantaranya sebagai berikut
- Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) menggantikan istilah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
- Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) menggantikan Silabus
- Capaian Pembelajaran (CP) menggantikan Kompetensi Inti (KI)
- Modul Ajar menggantikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
- Tujuan Pembelajaran menggantikan Kompetensi Dasar (KD)
- Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) menggantikan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
- Indiktor Ketercapaian Tujuan Pembalajaran (IKTP) menggantikan Indiktaor Pencapaian Kompetensi (IPK)
- Sumatif menggantikan Penilaian Harian (PH)
- Sumatif Tengah Semester (STS) menggantikan Penilaian Tengah Semester (PTS)
- Sumatif Akhir Semester (SAS) menggantikan Penilaian Akhir Semester (PAS)
- Indikator Asesmen menggantikan indikator soal
- Formatif menggantikan Penilaian Teman Sejawat
ATP PAI Dan BP Fase C
Tujuan Pembelajaran (TP) PAI Dan BP merupakan jabaran kompetensi yang dicapai oleh peserta didik dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran. Sedangkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) PAI Dan BP adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase secara utuh dan menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase
Komponen Tujuan Pembelajaran
- Kompetensi, yaitu kemampuan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dikuasai oleh peserta didik.
- Konten, yaitu pengetahuan inti atas konsep utama/ materi
- Variasi, yaitu pendekatan yang berbeda sesuai karakteristik peserta didik berkebutuhan khusus.
Prinsip Penyusunan ATP PAI Dan BP
- Sederhana dan Informatif
- Esensial dan kontekstual
- Berkesinambungan
- Pengoptimalan 3 aspek kompetensi (sikap, pengetahuan, keterampilan)
- Merdeka belajar
- Operasional dan aplikatif
- Adaptif dan fleksibel
Prosedur Penyusunan ATP PAI Dan BP
- Analisis capaian pembelajaran (CP)
- Mengidentifikasi kompetensi di akhir fase
- Analisis elemen dan sub elemen profil pelajar pancasila
- Merumuskan tujuan pembelajaran
- Tujuan pembelajaran disusun secara linear sesuai waktu pembelajaran dan lingkup materi
- Tentukan jumlah jumlah jam pelajaran yang diperlukan
Unduh ATP PAI Dan BP Kelas 5 & 6 SD/MI
Untuk mengetahui silabus/Alur Tujuan Pembelajaran PAI Dan BP Kelas 5 dan 6 SD/MI Kurikulum Merdeka silahkan rekan-rekan dapat melihat ATP PAI Dan BP Kelas 5 dan 6 SD/MI pada tautan yang sduah mimin sediakan berikut ini
- ATP PAI Dan BP Kelas 5 dan 6 SD/MI Disini
Demikian yang dapat mimin bagikan terkait Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) atau Silabus Pembelajaran PAI dan BP Kelas 5 dan 6 SD/MI Kurikulum Merdekan ini semoga bermanfaat untuk kita semua